Minggu, 30 Desember 2018

BAB 9 - BIAYA MAKAN KARYAWAN


Pengertian
Umumnya setiap karyawan yang bekerja pada sebuah hotel berbintang mendapatkan beberapa macam tanggungan yang disebut dengan istilah employee benefits. Salah satu tanggungan yang didapatkan setiap karyawan hotel yang bekerja selama 8 jam sehari adalah dan tanggungan berupa makan sekali dalam setiap shift dan diambil pada saat istirahat makan, baik siang maupun malam.
            Tanggapan makan ini nilainya berbeda-beda disesuikan dengan jabatan karyawan dan tanggung jawab yang diembanya.
v Mencatat Biaya makan Karyawan

Ya dalam satu shift yang letak atau makannya ditentukan oleh manajemen hotel. Sedangkan untuk karyawan tingkat penyelia (supervisor) kebawah mendapat tanggungan makan pada tempat yang sudah disediakan yang disebut dengan kantin karyawan employees dining room atau staff canteen.
            Pencatatan biaya makan direstoran atau ditempat lainnya, memakai Restaurant check atau bill yang disebut dengan officer check, sedangkan untuk karyawan tingkat bawah dengan mempergunakan Meal Coupon.
Ø Restaurant Checks
Pada sebuah restoran, misalnya Coffe Shop, biasanya disediakan dua macam restoran check, yang satu disebut dengan istilah Regular Check dan yang satu lagi disebut dengan istilah Officer Check.
            Regular Check adalah sejenis bill yang khusus dipakai oleh restoran kasir untuk mencatat transaksi penjualan makanan dan minuman atau mencatat biaya makan dan minum tamu-tamu yang dating ke restoran itu. Sehabis makan dan atau minum tamu-tamu tersebut akan meminta bill nya untuk dibayar. Pada akhir tugasnya, kasir restoran akan menyerahkan semua restoran bill tadi (Regular check dan officer check) kepada kasir kantor depan (Front Office Cashier), sebagai laporan penjualan hari itu Guest Bill tamu yang bersangkutan, dengan mmuemperhatikan beberapa hal yaitu: nama tamu yang makan, nomor kamar dan tanda tangan tamu yang bersangkutan, kemudian nilai atau biaya makan tamu.
            Officer Check adalah salah satu jenis restaurant check yang hanya dipakai untuk mencatat transaksi biaya makan dan minum untuk staf pimpinan hotel yang bersangkutan atau karyawan setingkat manajer dan asisten manajer.
            Staf pimpinan setingkat manajer dan asisten manajer, sehabis makan cukup membubuhkan tanda tangannya saja diatas office check tersebut. Oleh petugas kasir, semua officer check yang tercatat dalam satu harim dikumpulkan dan dibukukan terlebih dulu kedalam hasil penjualan hari itu dan kemudian dicatat secara khusus kedalam pos pembebanan “employees meals” atau officers check dan selanjutnya diserahkan kebagian income audit.
            Selanjutnya oleh bagian pengendalian biaya dibebankan ke departemennya masing-masing melalui laporan bulanan.

Contoh:
Diketahui total officer check untuk Mr. Blacky T, adalah sebesar Rp. 80.500,- dan food cost percentage pada laporan akhir food cost reconciliation bulan lalu adalah 33.75 % maka harga pokok dari nilai officer check Mr. Garsiano dapat dihitung dengan rumus sbb :
                                                                Rp. 80.500 x 33.75% = Rp. 25.701,-
Rumus ini berlaku pula untuk menghitung officer check yang lainnya. Hasil dari penghitungan harga pokok ini, oleh bagian pengendalian biaya, dipakai juga sebagai alat kontrol/pengendali terhadap jumlah atau nilai tanggungan dari masing-masing staf setingkat manajer dan asisten manajer, Tujuannya agar tidak melebihi dari anggaran atau budget yang sudah ditetapkan oleh manajemen atau pemilik hotel.
            Logika manajemen untuk menilai tanggungan makan bagi staf tingkat manajer dan asisten manajer adalah dua atau tiga kali lipat dari nilai tanggungan makan karyawan tingkat penyelia sampai ketingkat bawah.

Contoh soal:
Nilai tanggungan makan karyawan untuk tingkat supervisor kebawah adalah Rp. 5000,-/ sekali makan, maka nilai tanggungan makan karyawan tingkat manajer dan asisten manajer adalah: 3 kali Rp. 5.000,- sama dengan Rp. 15.000,-
Atau:
                                                            3 x Rp. 5.000,- = Rp. 15.000,-

















The Dedari Hotel & Spa.
Ubud, Bali Indonesia.
                                                                                                                                                                   No : 01274
                                                                             OFFICER CHECK
Location : Coffee shop
NO
DESCRIPTION
AMOUNT



1
Set Lunch
68.500,-



1
Bintang (s)
12.000,-





















NAME
Mr. Blacky Toyali

ROOM #
 




DEPARTMENT
A/G


SIGNATURE
Blacky


DATE
31/1/2005
PLEASE DO NOT PAY THIS CHECK






The Dedari Hotel & Spa.
NO
CHECK NO
NAME
AMOUNT
COST PRICE
RMKS
FOOD
BV
FOOD
BV








1
1274
Mr Blacky Toyah
68.500
12.000
23.119
2.582
GM
2
1275
Mr Balbea
75.000
17.500
25.313
3.766
Cheff
3
1276
Mr Hartawan
55.000
11.050
18.583
2.378
Housekeeper
4
1277
Mr Deocariza
55.250
13.500
22.022
2.905
F/C


















Dan seterusnya














































































































































































































































Total
253.750
54.050
89.037
11.631









Ubud, Bali Indonesia.                                                                            
                                                OFFICER CHECK
                                                          RECORD


Ø  Kupon Makan (Meals Coupon)
Kupon makan (meals coupon) adalah lembaran berupa kupon yang dipakai oleh pegawai atau karyawan setingkat penyelia (supervisor) kebawah untuk mendapatkan jatah makannya ditempat yang telah disediakan.
Untuk mencatat dan sebagai alat kontrol bagi karyawan tingkat penyelia kebawah, yang makan diruangan employees dining room, oleh bagian oleh bagian akunting atau bagian pengendalian biaya, dipergunakan sebuah formulir yang disebut dengan check list form (dipergunakan oleh petugas checker) dan sebuah kupon makan atau meals coupon yang dipegang (dibawa) sendiri oleh masing-masing karyawan yang bersangkutan.
Contoh meal coupon.
Month Of :

Month Of :



MEAL COUPON

  NAME      : 
 
  DEPT.       : 

  SECTION : 


31
1
1

30
2
2

29
3
3

28
4
4
31
27
5
5
30
26
6
6
29
25
7
7
28
24
23
22
21
20
19
18
17
16
15
14
13
12
11
10
9
8
8
27
26
25
24
23
22
21
20
19
18
17
16
15
14
13
12
11
10
9

                   Setiap Karyawan yang masuk dan makan di kantin karyawan harus menyodorkan lembar meal coupon atas namanya sendiri untuk dilakukan pencoretan atau pemberian tanda silang pada tanggal dan bulan yang bersangkutan. Setelah kupon makan dicoret silang, kemudian oleh penjaga segera dicatat lagi kedalam formulir check list form sesuai dengan departemen atau bagiannya masing-masing.











The Dedari Hotel & Spa.
Ubud, Bali Indonesia.
                                                STAFF CANTEEN   
  CHECK LIST
                                                                                                                                                          Meal Time : L D S
Location : Staff Canteen                                                                                                                 Date : 1 Jan 2005
NO
Department
Check
Total
1
Front Office



Reception
lllll lllll lll
13

Telp. Operator
lllll lllll
10




2
Food & Bev



Room Service
lllll ll
7





Restaurant
lllll lllll lllll lllll lllll l
26





Kitchen
lllll lllll lllll
15




3
Laundry
lllll ll
7




4
House Keeping



Room Boy / Maid
lllll lllll lllll lllll lllll lllll llll
34





Order Taker
lllll lllll lll
13





Florist
lllll ll
7




5
HRD



Personnal
lllll l
6





Security
lllll ll
7





Clinic
lll
3




6
Sales and Marketing
lllll ll
7




7
Administration & Gen
lllll lllll l
11




8
Engineering
lllll lllll llll
14




9
Others/outsider

-






GRAND TOTAL
185

                   Checker :
Tanda Tangan.
                                                                                                                                                                                                                                      Nama Terang Petugas






Accounting Dept.
v Menghitung Harga Pokok Makanan Karyawan
 Oleh Manajemen atau pemilik hotel, harga pokok makanan karyawan (Cost Per Meals) setiap porsi untuk makan karyawan tingkat penyelia kebawah, nilainya sudah ditetapkan sebelumnya. Penetapan harga pokok makanan di kantin ini biasanya disesuaikan dengan harga makanan per porsi yang berlaku pada umumnya di warung nasi atau restoran kecil yang cukup bagus/standar. Misalnya, harga  satu piring nasi campur dibeberapa warung yang cukup baik adalah Rp. 5.500,-/prsi maka manajemen hotel akan menepatkan pula harga pokok makanan karyawan sebesar itu. Oleh karena itu, kepala bagian dapur di kantin karyawan harus mampu menyiapkan makanan yang setelah dihitung pada resep, harga pokoknya tidak boleh lebih dari Rp. 5.500,-

Untuk melebih memperjelas mengenai cara menghitung dan mengendalikan harga pokok makanan karyawan, maka dibawah ini akan diberikan contoh soal atau kasus, sebagai berikut :

            Sejak beberapa bulan lalu manajemen atau pemilik The Dedari Hotel & Spa sudah menetapkan harga pokok makan untuk karyawan di kantin adalah sebesar Rp.. 5.500,- per pokok.

Pada hari ini, Selasa 11 Januari 2005 menu dikantin karyawan adalah seperti yang terlihat pada halaman 109.




MENU, SELASA 11 JANUARI

@ Nasi Putih
@ Perkedel Kentang
@ Semur Daging Sapi dan Ayam
@ Sayur Lebu Jepang
@ Sambal Pedas
@ Teh Manis
@ Kopi Tubruk
@ Pisang Goreng





Pada tanggal tersebut diatas, kepala dapur (cheff) kantin karyawan akan membuat beberapa lembar formulir permintaan barang  (storeroom requisition) ke gudang dan setelah dihitung oleh bagian pengendalian biaya, jumlah nilai seluruh pemakaian bahan pada tanggal 11 Januari, 2005 adalah sebesar Rp. 878.925,- sedangkan total karyawan yang tercatat makan di kantin selama satu hari penuh (jumlah yang makan petugas pagi, jumlah yang makan  petugas sore dan jumlah makan petugas malam) adalah sebanyak 185 orang.
            Untuk mendapatkan harga pokok makan karyawan per-porsi dapat dihitung dengan mudah yaitu: jumlah semua store requisition dibagi dengan total karyawan yang makan pada hari itu, maka didapatkan harga pokok makan karyawan per porsi pada hari itu pula.
TLR   = CPM
TLCV
878.935   = 4.751,-
    185
Actual Cost/Meals adalah : 4.750,-

           
TLR    = TOTAL REQUISITION
TLCV = TOTAL COVERS
CPM   = COST PER MEALS.

Melihat hasil perhitungan diatas, dengan didapatkannya harga pokok makanan karyawan sebesar Rp. 4.750,- per-porsi, menunjukkan bahwa nilai actual cost per meals masih berada dalam  batas wajar atau masih dapat dikendalikan, karena berada dibawah harga pokok makanan yang ditetapkan oleh manajemen.
Harga pokok makanan karyawan inilah yang harus dijaga agar setiap harinya berkisar antara Rp. 4.750,- sampai dengan Rp. 5.500,- saja, sampai pada akhir bulan bersangkutan bahkan kalau bisa sampai pada periode akhir tahun yang bersangkutan.
Dari laporan/ rekonsiliasi ini akan kelihatan berapa jumlah makan karyawan dari masing-masing departemen atau bagian, setiap bulannya.
Contoh Soal,
Diketahui:
v Hasil Inventori awal (opening inventory) bahan makanan di area kantin karyawan adalah:
·         Di canteen store sebesar Rp. 3.750.859,-
·         Di EDR Kitchen adalah sebesar Rp. 1.750.855,-
·         Jumlah pembelian langsung (Direct Purchased) bahan makanan untuk kantin karyawan selama bulan Januari 2005 adalah sebesar Rp. 26.500.450,-
·         Sehingga didapatkan jumlah keseluruhan (total available) nilai bahan makanan yang tersedia dikantin karyawan pada bulan Januari 2005, yaitu Rp. 3.750.859,- + Rp. 1.750.855,-  + 26.500.450,- = Rp. 32.002.164,-
v   Hasil Inventori akhir atau closing inventory bahan makanan di kantin karyawan adalah :
·         Di canteen store sebesar Rp. 2.100.255,-
·         Di EDR Kitchen sebesar Ep. 3.450.250,-
Sehingga jumlah bahan makanan yang dikonsumsi (cost of good consummed) di staff canteen  dapat dihitung sebagai berikut: Rp. 32.002.164 – Rp. 2.1000.225 – Rp. 3.450.250 = Rp. 26.451.689,-
Misalnya hasil rekap check list dalam satu bulan didapatkan total karyawan yang makan di staff canteen sebanyak 5.570 orang (jadi rata-rata karyawan yang makan dalam satu hari adalah: 185 orang) maka untuk menghitung nilai makanan karyawan per-porsi adalah: Rp. 26.451.689: 5.570 = Rp. 4.750,- per-porsi.
Jumlah ini masih dalam batas wajar artinya nilai harga pokoknya  tidak melebihi dari anggaran yang telah ditentukan oleh manajemen hotel. Setelah didapatkan harga per-porsinya, selanjutnya dilakukan pembebanan (di-charge) kepada masing-masing bagian atau departemen sesuai dengan jumlah stafnya yang makan dikantin karyawan.
Dari hasil perhitungan/ rekapitulasi untuk masing-masing departemen,didapatkan angka-angka sebagai berikut:
Karyawan        Front Office                 840      orang
                        Food & Beverage        1.460   orang
                        Laundry                       210      orang
                        Housekeeping              1.620   orang
                        Human Resources       480      orang
                        Sales & Mrktng           210      orang
                        Adm, & General          330      orang
                        Engineering                 420      orang
                                                Total =             5.570   orang
Selanjutnya, untuk menghitung nilai dari staf yang makan masing-masing departemen ini dikalikan dengan harga pokok per-porsi makanan, maka diperoleh perhitungan sebagai berikut :
            Front Office                            840 X 4.750,-              = Rp.   3.990.000,-
            F & B                                    1460 X 4.750,-              = Rp.   6.935.000,-
            Laundry                                  210 X 4.750,-              = Rp        997.500,-
            Housekeeping                       1620 X 4.750,-              = Rp.   7.695.000,-
            HRD                                       480 X 4.750,-              = Rp.   2.280.000,-
            Sales                                        210 X 4.750,-              = Rp.       997.500,-
            Adm & General                      330 X 4.750,-              = Rp.   1.567.500,-
            Engineering                             420 X 4.750,-              = Rp.   1.995.000,-
                                                                        Total                = Rp.   26.457.500,-
Apabila dari perhitungan diatas, terjadi sedikit perbedaan atau selisih jumlah/ angka, itu semata-mata disebabkan karena terjadi pembagian angka ganjil saja. Hal tersebut tidak perlu dipermasalahkan, karena pada akhirnya perbedaan jumlah/ angka tersebut bisa dibebankan langsung (ditambahkan saja) kepada salah satu bagian atau departemen yang karyawannya kelihatan paling banyak.
Misalnya selisih jumlah tersebut dibebankan saja ke departemen Food & Beverage, sehingga jumlah keseluruhannya menjadi seimbang (balance).



The Dedari Hotel & Spa
Ubud, Bali – Indonesia
                                                EMPLOYEES MEAL
                                          COST RECONCILIATION
                                       Month of : January 2005




OPENING INVENTORY
EDR STORE
3,750,859


EDR KITCHEN
1,750,855






TOTAL

5,501,714




DIRECT PURCHASED


26,500,450




TOTAL AVAILABLE


32,002,264




CLOSING INVENTORY
EDR STORE
2,100,225


EDR KITCHEN
3,450,250






TOTAL

5,550,475




COST OF GOOD



CONSUMMED




TRF FROM MK



TRF TO :






NET FOODS



CONSUMMED


26,451,689

CHARGE TO :







FRONT OFFICE
510 - 45
3,990,000

HOUSEKEEPING
515 - 45
2,280,000

FOOD & BEVERAGE
530 - 45
6,931,000

LAUNDRY
550 - 45
995,500

A & G
580 - 45
1,571,500

SALES & MARKT.
610 - 45
997,500

MAINTENANCE
700 - 45
1,990,500

P.T.E.R
900 - 45
7,695,000










Tidak ada komentar:

Posting Komentar